June 13, 2024

Ada beberapa alasan mengapa liburan di Santorini, sebuah kota di Yunani yang terkenal, terletak di atas Laut Aegea dan yang terbentuk dari abu vulkanik, menjadi sesuatu yang tidak mudah dilupakan.  Dengan pemandangan menakjubkan dari setiap sudut dan sejarah yang kaya, pulau kecil ini penuh dengan cita rasa yang berbeda. Tersedia banyak lokasi romantis dan pemandangan alam yang menakjubkan.

5 Alasan Memilih Liburan di Santorini

Ini adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Yunani dan lokasi bulan madu favorit. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan jalan-jalan ke Santorini, berikut lima alasan untuk pergi.

  1. Sejarah Santorini yang Menarik

    Sejarah Pulau Santorini sangat luas dan rumit, mencakup beberapa milenium. Medan pulau yang menakjubkan dan khas ini tercipta ribuan tahun yang lalu oleh serangkaian letusan gunung berapi yang dahsyat. Dulunya merupakan rumah bagi peradaban Minoa yang berkembang pesat.

    Pulau ini kemudian ditaklukkan oleh Venesia dan Ottoman, dan Kekaisaran Bizantium memerintah selama beberapa abad. Selain menjadi pemain utama dalam Perang Kemerdekaan Yunani, liburan di Santorini semakin epic berkat banyaknya museum, landmark budaya, dan situs arkeologi yang dapat dipelajari tentang kekayaan masa lalunya.

  2. Surga Bagi Pecinta Kuliner

    Saat mengunjungi Pulau ini, Anda akan menyukai hidangan dan masakan Yunani yang lezat. Ada sesuatu yang bisa dinikmati semua orang, berkat banyaknya makanan lokal dan warisan kuliner yang kaya. Bahan-bahan segar, rasa yang kuat, dan gaya hidup Mediterania yang bergizi adalah ciri khas makanan Yunani.

    Hal ini juga berlaku ketika Anda liburan di Santorini, di mana Anda akan menemukan beberapa ikan terlezat, hidangan terong putih, dan fava (makanan pembuka khas yang terbuat dari buncis). Jangan lupa untuk menikmati masakan asli Santorini yang meliputi gurita panggang, domatokeftedes (goreng tomat), Spanakopita, Melitzanosalata, Moussaka, Chloroturi, Apochti, dan Fava me Koukia.

  3. Kehidupan Pesisirnya

    Meskipun salah satu pulau yang ada di Yunani ini terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan, liburan di Santorini mungkin bukan pilihan terbaik bagi wisatawan yang mencari pantai berpasir yang panjang. Namun demikian karena lingkungannya yang indah, air yang jernih, dan pasir atau kerikil vulkanik, pantai-pantai di pulau ini masih layak untuk dikunjungi.

    Salah satu pantai yang paling banyak difoto adalah Pantai Crimson, yang terkenal dengan tebing dan pasir merahnya yang menawan. Pantai Perissa, merupakan lokasi yang populer untuk berenang dan berjemur. Terletak di pantai selatan pulau dan memiliki pantai berpasir hitam yang luas. Pantai pasir hitam populer lainnya adalah Pantai Kamari, yang memiliki deretan tempat makan, kafe, dan toko retail.

    Pilihan yang lebih tenang dan sepi saat liburan di Santorini adalah Pantai Vlychada, terkenal dengan formasi batuan vulkanik putih yang khas dan laut biru sebening kristal. Taman bermain, beberapa restoran tepi pantai, dan ombak dangkal menjadikan Pantai Monolithos pilihan yang cocok untuk keluarga.

    Teluk Amoudi adalah komunitas nelayan menawan dengan ombak biru sebening kristal, lompatan tebing, dan kedai minuman di tepi laut—bukan pantai biasa. Meskipun Palea Kameni tidak memiliki pantai, air panas alami dan pengalaman berenang yang khas menjadikan sumber air panasnya berharga.

  4. Desa Adat yang Kaya Budaya

    Kemampuan Santorini dalam melestarikan sebagian besar kota aslinya adalah salah satu hal yang menjadikannya tujuan wisata penting. Bangunan-bangunan itu sendiri membawa Anda kembali ke masa lalu, meskipun sebagian besar kini memiliki fasilitas modern seperti listrik.

    Saat liburan di Santorini, masih ada beberapa bangunan dengan arsitektur aslinya seperti jalanannya kecil, dan ke mana pun Anda melihat terdapat bangunan berwarna cerah. Akrotiri (penggalian benda-benda kuno, bangunan), Megalochori (yang paling sedikit terkena dampak pariwisata), Fira (ibu kota), dan Oia (untuk melihat matahari terbenam) adalah lokasi yang paling banyak dikunjungi di pulau ini.

  5. Gereja Dengan Kubah Biru

    Mengunjungi gereja ketika liburan di Santorini adalah kesempatan bagus untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang kekayaan masa lalu pulau ini, terlepas dari minat Anda pada sejarah agama. Luangkan waktu untuk melihat beberapa gereja kecil atau besar saat berada di sini. Meskipun sebagian besar gereja cukup fotogenik, harap melakukan perjalanan dengan bertanggung jawab.

Ada banyak cara untuk bersenang-senang di salah satu pulau yang terletak satu kawasan dengan Yunani ini, terlepas dari berapa pun batasan pengeluaran atau daftar keinginan Anda. Setiap pemukiman, baik modern maupun tua, memiliki sudut pandang berbeda terhadap pulau dan laut di sekitarnya. Anda selalu dapat menikmati makanan dan minuman khas pulau ini.

Dengan banyaknya keindahan alam, pulau ini tidak diragukan lagi merupakan salah satu destinasi paling romantis di dunia. Mungkin bagian terbaiknya adalah, Anda bisa bersenang-senang di pulau ini dengan keadaan bentang alamnya yang kaya dengan anggaran berapa pun, itulah sebabnya banyak orang memilih liburan di Santorini.

About Author