July 20, 2024

Ubah kondisi motor menjadi baru dengan memoles bodi motor matic di rumah sendiri. Anda pastinya akan puas karena kendaraan roda dua yang lama terlihat menjadi baru. Memang jika motor matic sudah lama, bagian bodinya pasti kusam, ada banyak goresan dan juga catnya tidak sehitam dulu.

Jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak sekali cairan pemoles bodi motor beserta informasi tips perawatannya. Motor lama, performa masih bagus, tapi tampilannya tidak begitu bagus, maka poles saja. Berikut ini akan kita tunjukkan bagaimana memoles bodi motor matic dengan benar di rumah.

7 Cara Mudah Memoles Bodi Motor Matic Sendiri di Rumah

Motor mengkilap seperti baru, padahal umurnya sudah lama. Tips dan triknya adalah dengan memoles bodi motor matic. Anda tidak perlu ke bengkel atau tempat cuci motor mahal, cukup lakukan di rumah saja, motor matic yang lama bisa kembali mengkilap. Terkadang, ada rasa kurang percaya diri ketika keluar karena tampilan motor yang catnya sudah pudar.

Hal tersebut membuat motor Anda terlihat kumal, dan sangat kotor. Jangan pernah berniat untuk melakukan modifikasi, karena harganya sangat mahal dan motor akan diubah sedemikian rupa. Pemolesan bodi adalah hal yang perlu Anda lakukan karena mudah, murah dan bisa melakukannya sendiri di rumah. Begini langkah dan carany :

1. Siapkan Bahan Pemoles

Langkah pertama untuk memoles bodi motor matic adalah dengan menyiapkan bahan pemolesnya terlebih dulu. Anda bisa membelinya di supermarket, toko aksesoris motor, hingga e-commerce. Rata-rata harganya murah dan bervariatif, silakan pilih sesuai dengan budget dan review produknya.

2. Cuci Motor Dulu

Ini adalah hal yang sering terlupakan oleh para pengguna motor matic yang ingin bodinya dipoles. Jika ingin memolesnya, harus dicuci dan dibersihkan terlebih dulu. Jangan asal mencuci motor, ada tips yang bisa Anda tiru dalam mencuci motor dengan benar, yaitu:

  • Pastikan bahwa mesin dalam kondisi yang dingin. Jika baru dipakai, biarkan dulu sejenak.
  • Jangan gunakan deterjen, karena bisa merusak cat dari motor. Anda bisa menggunakan sabun khusus cuci motor.
  • Bersihkan dari roda dan rantai dengan bersih.
  • Jangan lupa untuk membersihkannya hingga ke celah mesin, jangan ada yang ketinggalan.
  • Jika semuanya telah Anda bersihkan basuh motor dengan air bersih hingga ke sela-sela.

3. Keringkan Motor Matic

Setelah motor berhasil Anda cuci, kini saatnya untuk mengeringkan motor. Anda bisa mengeringkannya dengan kain yang menyerap air terbuat dari fiber. Sela-sela motor yang tadi terkena air juga harus dikeringkan agar nanti pada saat memoles bodi motor matic, tidak ada bagian yang basah.

4. Oleskan Cairan Polish Body Motor Matic Secara Merata

Untuk memoles bodi motor matic juga tidak boleh asal jika ingin hasilnya bagus dan sempurna. Setelah motor bersih, inilah langkah-langkah untuk memolesnya :

  • Olesan pertama, letakkan pemoles pada kain fiber. Tujuannya agar tidak merusak cat motor jika menggunakan kain kasar. Kain fiber bisa Anda dapatkan di pasar, marketplace dan lainnya. Oleskan secara menyeluruh.
  • Tahap kedua, Anda tinggal menunggu kering, karena pemolesan masih ada tahapnya lagi.
  • Jika sudah kering, lanjutkan untuk memoles bodi motor tahap kedua. Ini fungsinya untuk memberi kilauan pada motor matic. Poles hingga merata dan tidak boleh ada yang tertinggal.
  • Jangan memoles bagian jok motor Anda karena nanti akan sangat licin. Kurang nyaman tasanya jika menggunakan motor dengan jok licin.

5. Tunggu Hingga Kering

Hasilnya akan terlihat ketika Anda menunggunya hingga kering. Polish motor matic akan kering jika Anda tinggal selama 3-4 jam. Barulah setelah semuanya beres, bisa Anda bawa keluar. Hati-hati dengan air hujan setelah memoles bodi motor, nanti malah kotor.

6. Parkirkan Motor di Tempat Teduh

Untuk melindungi cat motor, memang sudah seharusnya memarkirkan motor di tempat yang teduh. Jika Anda keluar rumah dan menuju ke suatu tempat, carilah parkiran yang teduh atau indoor. Cat motor akan mudah sekali mengelupas dan terlihat kusam, ketika dijemur di terik matahari.

7. Lakukan Perawatan Berkala

Terakhir, agar usaha memoles bodi motor matic bisa awet menempel pada kendaraan tersebut, maka Anda perlu melakukan perawatan berkala. Perawatan berkala ini tidak hanya untuk motor yang sudah dipoles, tapi motor yang belum dipoles juga perlu dirawat, caranya adalah dengan :

  • Setelah terkena air hujan, siram dengan air bersih.
  • Jangan lupa membersihkan sela-sela motor yang terasa sangat kotor.
  • Jika ingin polishnya awet, Anda bisa menambahkan wax. Wax adalah perlindungan ekstra agar motor tetap mengkilap dan bersih.
  • Dan lakukan polesan lagi dengan cairan polish jika sudah mulai pudar.

Tampilan motor matic yang bagus dan bersih, membuat Anda semakin percaya diri ketika bepergian. Jangan lupa cek produk polish sebelum memoles bodi motor matic agar dapatkan hasil maksimal.