April 24, 2024

Perkembangan jaman membuat semakin banyak contoh inovasi teknologi lahir. Pastinya hal ini memberikan lebih banyak manfaat bagi banyak orang. Terutama dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari secara mudah.

Teknologi terus berkembang dan meningkat, dan memiliki kemampuan untuk terus mengubah dunia dalam cara yang tidak bisa bayangkan. Dari penemuan roda hingga perkembangan internet, teknologi telah membentuk dan mengubah cara kita hidup dan bekerja.

Pada dasarnya konsep teknologi hadir sebagai sebuah inovasi, yang membuat aktivitas semakin mudah. Sehingga semakin banyak orang terbantu dan mampu melakukan efisiensi waktu pada semua aktivitasnya. Selain itu ada banyak sekali pembaharuan sampai sekarang.

Daftar Contoh Inovasi Teknologi Terbaru

Manusia adalah sebuah komunitas yang memiliki akar pikir. Dari sini lahir banyak sekali hal baru dari aktivitas manusia yang selalu berinovasi. Tentunya aspek tersebut sudah menjadi pembahasan cukup akrab di telinga masyarakat.

Indonesia juga memiliki banyak sekali produk anak bangsa terbaik dan patut Anda apresiasi. Hal tersebut masuk dalam contoh inovasi teknologi terbaik, yang dapat Anda ketahui disini. Berikut adalah informasinya secara lengkap, yaitu:

  1. Atraktor Cumi-Cumi

    Salah satu produk ini menjadi hasil pengembangan dari dosen IPB. Tepatnya dosen dari Ilmu Kelautan dan Fakultas Perikanan. Tentunya alat tersebut mempunyai fungsi utama sesuai namanya, yaitu tempat pelepasan telur cumi.

    Namun tentunya alat ini tidak hanya sebagai tempat pelepasan telur pada umumnya. Disini telus dapat menempel serta menetas pada atraktor. Dari konstruksinya sendiri pengembang membuatnya dengan kawat harmonica sekaligus pipa paralon.

    Hadirnya alat kali ini memang diperuntukkan bagi para nelayan. Sehingga beberapa bahan pembuatannya cukup mudah dan murah. Tujuannya agar semakin banyak masyarakat dan nelayan memanfaatkannya.

    Pastinya produk seperti atraktor cumi-cumi akan memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat. Khususnya bagi nelayan atau pihak yang tertarik dalam bidang perikanan.

  2. Radar Pasif

    Contoh inovasi teknologi kedua adalah radar pasif sebagai pendeteksi sinyal pesawat. Hal ini merupakan karya dari mahasiswa di ITB. Tepatnya mahasiswa dari jurusan Elektro bersama Balitbang dan PT LAPI ITB.

    Melalui alat ini Anda dapat melihat lebih banyak penyematan teknologi di dalamnya. Secara umum alat tersebut adalah sebuah Radio Detection and Ranging. Keberadaannya sendiri sangat bermanfaat bagi keamanan lalu lintas udara.

    Pada umumnya Radar Pasir bisa perusahaan penerbangan gunakan untuk mendeteksi munculnya pesawat asing. Sehingga semua sinyal asing dari pesawat ilegal bisa terdeteksi lebih awal.

  3. I-Car

    Selanjutnya adalah I-Car sebagai sebuah alat berbentuk mobil canggih. Fungsinya sendiri adalah sebagai prototipe dalam mobil listrik secara otonom. Tentunya mobil tersebut akan bisa berjalan sendiri tanpa membutuhkan sopir.

    Pada umumnya konsep I-Car sama dengan smart driver pada umumnya. Namun jika smart driver adalah produk dari luar negeri, maka I-Car menjadi versi asli buatan anak bangsa. Disini Anda akan menemukan teknologi terbaru seperti AI dan IoT.

    Contoh inovasi teknologi dalam I-Car memberikan banyak manfaat dalam berkendara. Salah satunya adalah mampu memudahkan proses identifikasi risiko bahaya, kecelakaan dan optimalisasi daya. Sehingga pemanfaatannya dapat menjadi sebuah mitigasi terbaik.

    Pembuatan produk ini tentunya membutuhkan waktu cukup lama. Setidaknya ada 30 pakar profesional seperti profesor, doctor serta master dari ITS ikut berkontribusi.

  4. Robot Kece

    Untuk informasi alat canggih kali ini memiliki manfaat dalam bidang kesehatan. Robot kece menjadi alat canggih buatan dari UNESA. Tidak main-main ada tujuh fitur unggulan yang dapat masyarakat manfaatkan secara baik.

    Tentunya semua fitur pada Robot Kece akan membantu petugas medis dalam melaksanakan aktivitasnya. Terutama dalam aktivitas penanganan Covid-19 yang meminimalkan kontak pasien penderita.

    Tentunya ada lebih banyak fungsi lain yang bisa Anda ketahui dari Robot Kece. Hal tersebut seperti fitur berkomunikasi dua arah, pengukur suhu berjarak 5 meter dan terapi musik. Selain itu Robot Kece bisa membawa logistic serta oxymeter wireless.

  5. Swab Chamber

    Contoh inovasi teknologi lain ini merupakan karya dari ITSS. Sesuai namanya produk kali ini akan memberikan bantuan kepada petugas dalam melakukan swab ke pasien. Sehingga para petugas tidak akan melakukan kontak langsung dengan para pasien.

    Swab Chamber terdiri atas bilik akrilik, yang terdapat lubang sebagai akses alat swab. Tentunya alat tersebut juga memiliki sarung tangan lateks untuk meningkatkan kebersihannya.

  6. Robot Raisa

    Contoh inovasi teknologi berikutnya adalah Robot Raisa. Hal tersebut merupakan produk kolaborasi antara Universitas Airlangga dan ITS. Robot Raisa merupakan sebuah alat yang nantinya bisa bermanfaat dalam bidang medis.

    Pemberian nama Raisa tentunya bukan tanpa alasan. Raisa sendiri merupakan Robot Medical Assistand. Sehingga Anda bisa menyimpulkan robot ini sebagai asisten digital dalam bidang medis. Tentunya ada banyak sekali aktivitas yang bisa Robot Raisa lakukan.

  7. Lampu Abadi

    Terakhir adalah Lampu Abadi hasil dari mahasiswa Universitas Brawijaya. Lampu ini merupakan hasil dari rekayasa biotik dari bakteri khusus, yang mampu memancarkan cahaya. Sehingga dari sini lahirlah alat ajaib penghasil cahaya abadi.

    Pastinya lampu tersebut dapat lahir dari kombinasi pengetahuan dan teknologi terkini. Lebih jauh lagi Lampu Abadi mampu menjadi alat untuk menghemat pemakaian listrik.

    Indonesia merupakan sebuah negara dengan banyak sekali karya-karya terbaik. Salah satunya adalah beberapa contoh inovasi teknologi, yang tentunya masih banyak lagi lainnya.

About Author