June 13, 2024

Indonesia kaya akan berbagai kulinernya yang lezat. Tak hanya makanan beratnya saja, cemilan khas Indonesia juga sangatlah beragam. Kuliner Indonesia memiliki berbagai cita rasa yang asin dan mani termasuk cemilannya.

Cemilan ini termasuk dengan berbagai jajanan pasar yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman bersantai. Untuk melengkapi nostalgia Anda, mari intip berbagai aneka cemilan khas Indonesia.

7 Cemilan Kuliner Indonesia yang Wajib Dicoba

Jika Anda mencari cemilan yang ingin dijadikan sebagai teman bersantai, berikut ini beberapa cemilan khas Indonesia yang wajib Anda coba.

  1. Klepon
    Cemilan satu ini terbuat dari tepung beras ketan dan biasanya diberi pewarna makanan berwarna hijau kemudian menggunakan isian gula merah. Kemudian setelah dibentuk menjadi bulat, klepon dimasukkan ke parutan kelapa hingga menyelimuti klepon tersebut dan membuatnya terlihat lebih cantik.
    Teksturnya yang kenyal dipadukan dengan isian gula merah yang manis dan meleleh akan membuat Anda ketagihan saat memakannya. Klepon ini juga memiliki nama yang beragam di masing-masing daerah.
  2. Kue Putu Bambu

    Penjual kue putu dapat dengan mudah dikenali karena biasanya ditandai dengan suara yang cukup kencang dari alat pembuatnya. Cemilan satu ini terbuat dari tepung beras yang dibuat menjadi butiran kasar kemudian diisi dengan irisan gula merah.
    Yang membuatnya semakin unik adalah cara pembuatannya yaitu dengan memasukkannya ke dalam tabung bambu berukuran kecil kemudian dimasak dengan menggunakan uap panas. Akan lebih nikmat jika disajikan dengan taburan parutan kelapa di atasnya.
  3. Onde-onde

    Siapa yang tak kenal dengan cemilan satu ini? Pasti Anda mengenalnya. Cemilan satu ini terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung terigu yang dibentuk bulat kemudian diisi dengan pasta kacang hijau yang manis.
    Yang membuatnya unik adalah bulatan yang sudah jadi kemudian diberi taburan biji wijen putih yang akan memberikan rasa gurih. Sehingga pada saat menyantapnya, Anda akan merasakan kombinasi cita rasa manis dan gurih.
  4. Dadar Gulung
    Makanan satu ini terbuat dari adonan tepung terigu dan santan untuk membuat kulitnya. Sementara untuk isiannya terbuat dari campuran parutan kelapa yang dicampur gula merah kemudian dimasak.
    Tekstur kulitnya yang lembut berpadu dengan manis isiannya akan membuat Anda ketagihan saat menyantapnya. Bagaimana, sudah pernah mencobanya?.
  5. Lemper

    Jika Jepang memiliki sushi yang merupakan nasi dengan isian sayuran dan daging, Indonesia juga memiliki makanan yang hampir mirip dengan sushi. Yaitu lemper yang berbahan dasar beras ketan kemudian diberi isian daging ayam cincang yang sudah dimasak atau abon.
    Kemudian dibentuk menjadi lonjong atau bulat dan dibungkus menggunakan daun pisang. Anda dapat memakannya langsung atau bahkan dibakar terlebih dahulu untuk membuatnya semakin nikmat.
  6. Nagasari

    Kuliner Indonesia satu ini memiliki ciri khas tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Terbuat dari tepung beras dan santan kemudian diberi isian potongan pisang lalu dibungkus menggunakan daun pisang.
    Biasanya berbentuk persegi dan dimasak dengan cara dikukus. Untuk menikmatinya, setelah dikukus diamkan terlebih dahulu beberapa menit hingga hangat, nagasari pun siap untuk Anda nikmati.
  7. Kue Cucur

    Cemilan satu ini terbuat dari campuran tepung terigu dan gula aren kemudian digoreng sehingga menghasilkan warna yang kecoklatan. Teksturnya yang renyah pada bagian pinggirnya dan lembut di bagian tengah menjadi ciri khas dari cemilan satu ini.
    Cemilan satu ini sangat cocok dijadikan teman bersantai di sore hari. Terutama jika ditemani dengan secangkir teh hangat atau kopi.
    Itulah beberapa cemilan khas Indonesia yang patut untuk Anda coba. Bukti bahwa kuliner Indonesia sangat beragam hingga ke cemilannya.

About Author