July 20, 2024
Inilah Uniknya Katedral Sagrada Familia, Wisata Religi di Spanyol

Apabila Anda datang ke Spanyol, maka jangan sampai lewatkan datang ke Katedral Sagrada Familia. Ini merupakan sebuah gereja bagi umat Katolik di mana berlokasi di tengah Barcelona sehingga tidak boleh dilewatkan.

Keberadaan dari bangunan tersebut ternyata dikunjungi oleh jutaan orang setiap tahunnya karena memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih lagi desain arsitektur dari bangunannya sangat megah dan menakjubkan karena sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Sekilas Tentang Katedral Sagrada Familia

Mengenal seputar Katedral Sagrada Familia yang menjadi tempat wisata populer di kota Barcelona yang menyimpan sejarah, berikut daya tarik yang dimiliki.

Kalau berbicara tentang Spanyol Barcelona menjadi salah satu kota yang seakan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Terlebih lagi kota tersebut menyimpan keindahan sekaligus mempunyai banyak tempat wisata menarik dan penuh akan sejarah.

Misalnya saja Katedral Sagrada Familia di mana berada di jantung kota tersebut dan menjadi gereja katedral paling populer di negara tersebut. Perlu diketahui bahwa keberadaan dari gereja tersebut sebenarnya masih belum selesai.

Proses pembangunan dari gereja ini dimulai pada tahun 1882 dan rencananya bisa selesai secara penuh pada 2026 mendatang. Ini merupakan karya dari seorang arsitek terkenal yakni Antoni Gaudi.

Gaudi sendiri sudah mengabadikan dirinya untuk proyek besar tersebut selama beberapa tahun. Tetapi pada tahun 1962, sosok arsitek tersebut meninggal dunia dan pada saat itu bangunan hanya selesai seperempat.

Meskipun sang masterpiece sudah tiada, tetapi pembangunan dari Katedral Sagrada Familia masih berlanjut hingga sekarang. Daya tarik dari bangunan tersebut terletak dari desain arsitekturnya di mana memadukan antara gaya gotik serta art nouveau.

Selain itu, Anda juga akan melihat adanya beberapa patung yang mengisahkan kisah di dalam Alkitab di bagian outdoor. Sedangkan untuk bagian indoor tidak kalah menakjubkan yakni terdapat beberapa pilar yang mempunyai kemiripan seperti pohon.

Cahaya yang dapat masuk melalui jendela patrinya ternyata akan membuat suasana di dalam bangunan semakin terasa magis. Tidak heran kalau kunjungan Anda kesini juga tidak akan pernah terlupakan dan menjadi momen sangat bagus.

Alasan kenapa bangunan tersebut mempunyai proses pembangunan tergolong lama adalah dana pembangunannya berasal dari sumbangan. Jangan lupa untuk mengambil foto terbaik disini dan tetap hormati setiap aturan di katedral.

Tiket Masuk dan Akses ke Lokasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa keindahan dari katedral Sagrada Familia sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Jika Anda datang ke Barcelona maka jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke kawasan gereja tersebut.

Sebelum Anda memutuskan untuk datang ke sana, maka cari tahu dahulu biaya tiket masuk ke tempat wisata religi tersebut. Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata biasanya adalah sekitar 20 euro per orang atau 300 ribuan.

Meskipun begitu, harga tiket kemungkinan besar juga akan tergantung dengan jenis tiket yang dipilih. Agar Anda dapat terhindar dari antrian panjang, maka sebaiknya harus melakukan pemesanan secara online.

Karena berada di pusat kota Barcelona membuat tempat wisata tersebut sangat mudah diakses termasuk menggunakan transportasi umum. Ada dua jenis transportasi umum yang dapat Anda gunakan yakni metro ataupun bus.

Anda juga diberikan kesempatan untuk menggunakan tur pemandu terutama kalau ingin mempelajari sejarah serta arsitektur dari katedral Sagrada Familia tersebut. Perhatikan juga penggunaan pakaian apabila hendak datang kesana di mana harus menghindari pakaian terlalu terbuka.

Fakta Menarik Seputar Katedral Ini

Meskipun bangunan belum selesai secara penuh, tetapi kawasan tersebut menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan internasional. Berikut ini adalah sejumlah fakta menarik mengenai gereja ini.

1. Proses Pembangunan yang Lama

Perlu diketahui bahwa proses pembangunan dari gereja tersebut ternyata sudah lebih dari 100 tahun lamanya sejak 1882 silam hingga sekarang. Meskipun begitu, rencananya proses pembangunannya akan selesai pada 2026 mendatang.

Waktu konstruksi Katedral Sagrada Familia tersebut ternyata juga lebih lama dibandingkan dengan proses pembangunan dari piramida di Mesir. Hal itu mungkin disebabkan karena dananya berasal dari sumbangan.

2. Pernah Ada Sekolah di Lokasi Pembangunan

Selama bangunan tersebut dibangun, ternyata pihak Gaudi juga pernah membuat sebuah sekolah di lokasi tersebut. Tujuannya adalah agar anak dari para pekerja konstruksi dapat bersekolah disana.

Keberadaan sekolah tersebut mulai dibangun pada 1909 serta sudah menjadi bagian wisata di katedral. Jadi ketika Anda datang kesini, maka jangan lupa melakukan tur di sekolahnya.

3. Terinspirasi dari Simbol Alam

Anda mungkin penasaran asal muasal inspirasi dari katedral ini bukan? Siapa sangka ternyata struktur bangunannya terinspirasi dari simbol alam. Tidak heran kalau berada disana, Anda mungkin akan menemukan beberapa simbol alam.

4. Bukan Berfungsi Sebagai Katedral

Fakta lainnya yang perlu diketahui adalah tempat tersebut sudah tidak berfungsi sebagai katedral melainkan basilika. Meskipun begitu, nuansa katedral masih sangat terasa di tempat ini.

Berwisata ke Spanyol adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga. Katedral Sagrada Familia adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh Anda saat datang ke Barcelona.