July 20, 2024
Ketahui Bagaimana Cara Bersihkan Usus Kotor yang Tepat

Demi menjaga sistem pencernaan tetap sehat, maka Anda wajib untuk rutin bersihkan usus kotor agar terhindari dari penyakit di dalam tubuh Anda. Apalagi, masalah ini terjadi karena penderita kerap mengonsumsi makanan kurang sehat.

Penyakit yang dapat dipicu dari usus kotor terbilang cukup beragam, mulai dari sembelit, tubuh mulai lelah, usus buntu, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penting mengetahui bagaimana cara untuk membersihkan salah satu organ penting Anda tersebut.

Ketahui Cara-cara Bersihkan Usus Kotor

Demi menjaga sistem pencernaan tetap sehat, maka Anda wajib untuk rutin bersihkan usus kotor agar terhindari dari penyakit di dalam tubuh Anda

Membersihkan usus sebenarnya bisa dilakukan dengan cara simpel, mulai dari memiliki makanan yang tepat dan mengubah pola hidup. Untuk cara-cara yang lebih jelas, para pembaca bisa menyimak beberapa informasi di bawah ini.

1. Cukupi Asupan Cairan di dalam Tubuh

Mencukupi asupan cairan ke dalam tubuh merupakan salah satu cara penting bersihkan usus kotor. Dengan cairan tersebut, maka dapat memaksimalkan kinerja usus dalam proses mencerna makanan, sehingga limbah tersebut bisa menjadi tinja.

Apabila asupan cairan kurang, maka usus tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, sehingga proses penyerapan nutrisi dari makanan menjadi terganggu. Seringkali menyisakan minyak dari makanan, sehingga dapat menempel di usus besar Anda.

Pola yang bisa dilakukan yaitu Anda perlu sering-sering meminum air putih, setidaknya minimal 8 gelas sehari. Selain itu, air putih juga memiliki fungsi yang mendukung ginjal agar bisa membuat racun melalui saluran urine.

2. Mengonsumsi makanan mengandung Serat

Tidak hanya memenuhi asupan cairan ke dalam tubuh, mengonsumsi makanan yang mengandung serat juga bisa dijadikan cara bersihkan usus kotor. Pada dasarnya makanan dengan kandungan serat tersebut memiliki banyak manfaat lainnya.

Sementara makanan dengan kandungan serat dalam mendukung proses pencernaan, memadatkan tinja, dan juga membantu dalam penyerapan nutrisi. Dengan kandungan serat yang cukup, maka proses pembuangan bisa lebih lancar.

Adapun beberapa jenis makanan mengandung serat yaitu seperti pisang, alpukat, wortel, dan kacang-kacangan. Setidaknya bagi orang dewasa, kebutuhan serta bisa mencapai 32 sampai dengan 37 gram. Jadi, harus benar-benar Anda perhatikan.

3. Konsumsi Teh Jahe

Cara berikutnya untuk bersihkan usus kotor, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi teh jahe. Pada dasarnya teh jahe memang memiliki fungsi sebagai pencuci perut alami, sehingga dapat membuat usus menjadi lebih bersih.

Sebelumnya sudah dibuktikan bahwa jahe sendiri mampu membuat makanan yang ada di dalam usus bisa bergerak lebih cepat. Hal itu mampu mengurangi risiko terjadi gangguan pada sistem pencernaan Anda, sehingga bisa membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Tidak hanya itu, selain bekerja untuk bersihkan usus kotor, jahe juga mampu berfungsi untuk mengurangi perut kembung. Cara proses pembuatan minuman jahe, Anda hanya perlu memarit jahe dengan berat 3 sampai 4 gram.

Lalu, tambahkan parutan jahe tersebut dengan air mendidih dan biarkan kurang lebih 6 menit. Lalu keluarkan parutan atau irisan jahe tersebut dan tambahkan madu. Setidaknya Anda bisa mengonsumsi minuman ini satu kali dalam sehari.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan, minuman ini tidak disarankan untuk ibu hamil. Alasannya dikarenakan makanan dari jahe tersebut dapat memberikan dampak kepada ibu hamil, seperti pendarahan saat mengandung.

4. Konsumsi Probiotik

Makanan maupun minuman dengan kandungan probiotik dapat berguna dalam menjaga kesehatan usus. Selain itu, minuman tersebut juga ternyata memiliki peran penting untuk bersihkan usus kotor pada sistem pencernaan tubuh Anda.

Pada dasarnya probiotik merupakan bakteri baik, di mana bakteri tersebut dapat melawan bakteri jahat di dalam usus. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi masalah-masalah pada sistem pencernaan seperti peradangan maupun maupun infeksi usus.

Adapun beberapa jenis makanan dengan kandungan probiotik terbilang cukup mudah ditemukan di manapun. Untuk beberapa jenis dengan kandungan probiotik tersebut seperti tempe, tape, keju, yoghurt, dan makanan permentasi lainnya.

5. Mengonsumsi Air Garam

Cara bersihkan usus kotor yang bisa Anda lakukan lainnya yaitu dengan mengonsumsi air garam. Dari dulu air garam sudah digunakan sebagai orang untuk mengurangi perut kembung maupun mengatasi sembelit.

Fungsi utama dari air garam tersebut sebagai larutan yang mampu membuat racun dari dalam tubuh. Nantinya racun tersebut akan langsung disalurkan melalui urine. Termasuk racun yang ada di dalam usus Anda.

Namun, tidak semua jenis garam bisa digunakan untuk membersihkan usus. Fungsi maksimal bisa tercapai apabila Anda menggunakan garam laut atau garam himalaya. Sedang proses penyeduhannya terbilang cukup sederhana.

Cara membuatnya, pertama-tama Anda perlu mengambil garam sekitar 2 sendok teh. Lalu, langsung tuangkan ke dalam cangkir berisi 1 liter air hangat. Setelah diaduk, maka Anda bisa meminum larutan tersebut pada saat perut dalam keadaan kosong.

Ternyata penggunaan garam semacam ini sangat efektif untuk proses meningkatkan detoksifikasi di dalam tubuh. Namun, metode pastikan tidak diterapkan kepada para penderita hipertensi maupun penderita penyakit jantung.

Menggunakan cara-cara alami memang lebih dianjurkan daripada menggunakan obat-obatan khusus. Dengan cara bersihkan usus kotor secara alami ini dapat mengurangi berbagai macam efek samping karena obat.