May 18, 2024

Memang ada banyak industri yang terkenal, tapi tidak masuk dalam daftar perusahaan terkaya dunia. Tentunya peringkat tersebut didasari dengan total dari aset, investasi pasar, hingga dampaknya yang cukup besar.

Misalnya saja jaringan ritel fast food KFC atau MCD tersebar diseluruh negara dunia atau X (ex-twitter) yang juga populer. Ketiganya memang terkenal dikalangan masyarakat, tapi tidak masuk daftar paling kaya.

Daftar Perusahaan Terkaya Dunia

Berdasarkan Forbes, perusahaan paling kaya mempunyai dampak untuk kehidupan para konsumen seluruh dunia. Tentunya dengan aset serta angka pemodalan pasar hingga triliunan dolas US.
Bahkan beberapa diantaranya mempunyai nilai usaha yang lebih besar dari ekonomi di sejumlah negara. Berikut daftar company paling kaya dunia 2023 dari beberapa sumber terpercaya:

  1. Apple Inc

    Peringkat perusahaan terkaya dunia pertama ini berada di bidang teknologi di Amerika Serikat (USA) dan kini melebarkan sayapnya hingga ke seluruh dunia, tidak terkecuali China. Apple sendiri mengembangkan, membuat, serta menjual beragam jenis produk teknologi untuk para konsumen.

    Seperti smartphone, tablet, laptop, komputer, bahkan masih banyak peralatan elektronik lain untuk hiburan rumah atau sejenisnya. iPhone serta MacBook merupakan dua produk yang sangat populer dan berhasil memberikan kekayaan untuk Apple. Pendapatannya juga cukup signifikan dari pelayanan yang diberikan hingga 2,65 triliun USD atau 39.834 triliun rupiah.

  2. Saudi Aramco

    Industri minyak dari Arab Saudi berada di peringkat kedua dan masuk dalam catatan. Sebagai perusahaan minyak yang berhasil kalahkan dominasi bidang teknologi di daftar ini. Lebih dari setengah pendapatan Arab Saudi berasal dari Aramco. Industri tersebut mampu eksplor serta produksi minyak mentah, gas alam serta cairannya dengan kekayaan 2,33 triliun USD atau 35.697 triliun rupiah.

  3. Microsoft Corp

    Bisnis milik Bill Gates bisa bertahan dalam list perusahaan terkaya dunia karena mempunyai teknologi canggih. Selain itu programnya terus berinovasi. Industri ini berikan dukungan serta perkembangan di dunia internet dan membuat OS windows untuk komputer. Digadang-gadang Microsoft punya pemodalan pasar sebesar 2,1 triliun USD atau 32.174 triliun rupiah.

  4. Alphabet Inc

    Induk dari Google ini juga tidak tergeser peringkatnya jadi mesin pencarian nomor wahid di dunia. Alphabet memberikan beragam jenis layanan daring serta teknologi dan berhasil memperoleh pendapatan dari hardware.

    Beberapa hardware diantaranya seperti Google Nest, Fitbit, serta telpon pixel. Sekarang ini Alphabet membentangkan sayapnya ke industri kendaraan yakni swakemudi Waymo. Berdasarkan datanya, jumlah kekayaan Alphabet sekitar 1,54 triliun USD atau Rp 23.594 triliun. Tidak heran jika menduduki peringat keempat dari daftarnya.

  5. Amazon.com Inc

    Bisnis yang dibuat oleh Jeff Bezos ini juga masuk daftar perusahaan terkaya dunia. Apalagi karena mempunyai pemodalan pasar sekitar 1,43 triliun dolar AS atau Rp 21.909 triliun. Jumlah karyawannya sendiri mencapai 1,5 juta tersebar di seluruh dunia. Amazon sendiri masih tetap bisa bertahan dengan kinerja baiknya.

    Bahkan memberikan kenaikan gaji serta tunjangan karyawan. Hal itu terjadi sekalipun di tengah kondisi di mana beberapa industri mulai melakukan metode efisiensi karena perekonomian dunia lambat. Bahkan sejumlah negara mengalami krisis.

  6. Tesla Inc

    Bisnis milik Elon Musk ini juga sebagai pembuat mobil listrik terkenal dengan beragam variasi modelnya. Tidak heran jika itu membuat Tesla masuk peringkat 6 dengan jumlah investasi pasar 910 miliar USD.

    Tesla Semi serta Cyber-truck merupakan mobil listrik komersial yang akan dikembangkan serta dibuat nantinya. Bahkan sekarang ini Tesla juga mulai merambah ke bidang pembangkit listrik tenaga matahari, membuat panel surya.

  7. Berkshire Hathaway Inc

    Salah satu perusahaan terkaya dunia ini milik Warren Buffett dan berubah jadi induk konglomerat. Karena jumlah pemodalan pasarnya mencapai 644 miliar USD atau Rp 9.866 triliun.
    Berkshire Hathaway punya investasi dalam jumlah besar di beberapa perusahan komersial. Seperti asuransi, ritel, transportasi kereta api, serta pembangkit energi. Selain itu juga punya bisnis manufaktur yang membuat barang.

  8. NVIDIA Corp

    Jika Anda senang main game pasti tidak asing dengan NVIDIA. karena memang berperan penting dalam mengembangkan GPU di video game serta aplikasi AI. Bisnisnya berjalan dengan mengembangkan GPU yang pemakaian utamanya pada video game dan grafis komputer.

    Selain itu melayani bidang game, otomotif, visualisasi pro, pusat data, serta lainnya. Bahkan tambang mata uang kripto juga memakai GPU NVIDIA. Perusahaannya tercatat mempunyai pemodalan pasar hingga 457 miliar dolar AS atau Rp 7.001 triliun.

  9. Taiwan Semiconductor Manufacturing Co.Ltd

    Bisnis ini basisnya ada di Taiwan dan menjadi satu-satunya wakil Asia yang berhasil masuk 10 besar perusahaan terkaya dunia. TSM ini punya jumlah pemodalan sekitar 456 USD atau Rp 6.986 triliun.

  10. Meta Platform Inc

    Induk perusahaan Facebook ini punya total pemodalan sekitar 449 miliar USD atau Rp 6879 triliun. Mengawali karir dari sosial media Facebook, bisnisnya terus berkembang platform sosmed lain yang mendominasi. Salah satunya ialah WhatsApp dan kini juga sedang mengembangkan sayapnya membuat usaha Metaverse.

Tidak semua industri yang terkenal bisa menjadi salah satu paling kaya. Bahkan sebagian besar daftar perusahaan terkaya dunia tersebut memang didominasi dalam bidang teknologi.

About Author