July 20, 2024

Di era perkembangan teknologi, keperluan media saat ini banyak menciptakan prospek kerja jurusan multimedia. Tidak heran jika jurusan satu ini memiliki banyak peminat karena lulusannya memiliki daya saing cukup tinggi saat kelak terjun di pasar kerja.

Multimedia merupakan bidang yang berkaitan dengan penggunaan berbagai media dalam menyampaikan informasi ke publik, termasuk media digital dan cetak. Sehingga, materi pembelajaran pada jurusan ini umumnya sangat luas dan berkaitan dengan banyak hal.

Hal tersebut tergantung pada aspek media yang diminati, mulai dari metode penyiaran televisi, ilmu perfilman, jurnalisme, produksi video, media interaktif, hingga animasi komputer. Bidang ini juga memberikan praktik langsung seperti membuat website, merancang desain grafis, membuat konten,dan lainnya.

Beberapa Prospek Kerja Jurusan Multimedia yang Perlu Diketahui

Pasalnya, jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki tingkat kreativitas serta passion tinggi di bidang teknologi. Selain itu, jurusan multimedia biasanya fokus pada pemanfaatan teknologi untuk memproduksi dan mendistribusikan konten dalam berbagai bentuk media,

Beberapa pengetahuan dan juga keahlian yang dimiliki oleh lulusan multimedia adalah keterampilan menggambar teknis,mengoperasikan software gambar, kemampuan berpikir kreatif, pemahaman artistik, dan lainnya. Berikut adalah prospek kerja jurusan multimedia setelah lulus SMK:

  • Web DesignerProspek kerja jurusan multimedia yang siap menunggu adalah web designer. Memiliki tanggung jawab mendesain halaman pada website dan memperbarui konten apabila dibutuhkan. Hal ini pastinya memerlukan kreatifitas Anda untuk membuat web tersebut menarik.
  • Graphic Designer

    Selanjutnya ada graphic designer yang bertanggung jawab membuat desain untuk keperluan publikasi pada media cetak, website, poster, maupun kemasan produk. Selain itu, seorang graphic designer juga memiliki tanggung jawab membuat identitas visual untuk keperluan branding sebuah perusahaan.

    Pasalnya, hampir setiap perusahaan membutuhkan desainer grafis, karena itu peluang kerjanya terbuka lebar bagi lulusan multimedia. Anda yang berminat menjadi seorang desainer grafis bisa bekerja di agensi untuk menangani klien, atau bekerja di perusahaan sebagai in-house graphic designer.

  • Animator atau Illustrator

    Prospek kerja jurusan multimedia berikutnya adalah seorang animator dan illustrator yang sama-sama membutuhkan daya imajinasi tinggi. Sebuah kemampuan yang umumnya dimiliki pada lulusan multimedia. Illustrator menggabungkan seni, desain, dan kreativitas untuk menghasilkan sebuah gambar visual orisinil untuk berbagai produk dan media.

    Sedangkan, animator melibatkan seni membuat gambar bergerak atau animasi dalam bentuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). Biasanya karya para animator digunakan untuk berbagai film, iklan, video, website, games, dan masih banyak media lainnya. Pastinya pekerjaan ini memerlukan tingkat kreativitas yang tidak terbatas dalam membuat karyanya.

  • Social Media Specialist

    Prospek kerja jurusan multimedia selanjutnya menjadi social media specialist yang bisa menjanjikan untuk Anda. Pada pekerjaan ini Anda akan fokus menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial milik perusahaan.

    Selain itu, social media specialist juga harus mampu menyesuaikan konten yang telah dibuat untuk setiap jenis media sosial. Hal ini karena setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda. Anda juga harus memikirkan bagaimana cara meningkatkan brand awareness serta engagement media sosial.

  • Video Editor

    Prospek kerja jurusan multimedia berikut ini bertanggung jawab terhadap proses pengeditan beberapa materi video menjadi satu sesuai dengan kebutuhan dari spesifikasi tim produksi. Pekerjaan ini sebagai kunci dalam tahap pasca produksi karena video editor memastikan video siap untuk dipublikasikan.

    Mengenai materi video tersebut bisa beragam bentuknya, mulai dari footage, grafis, hingga sound effect. Pasalnya, pada video editor Anda harus mampu memadukan sebuah video, music, dan effect lainnya jika dibutuhkan untuk lebih menarik.

  • Communication Officer

    Prospek kerja jurusan multimedia selanjutnya sebagai communication officer. Pekerjaan ini harus memastikan komunikasi internal dan eksternal perusahaan dapat terjaga dan berjalan dengan baik. Selain itu, juga bertanggung jawab untuk menjaga brand voice unik perusahaan.

    Selanjutnya, mampu mengeksekusi campaign untuk public relations serta marketing. Seorang communication officer juga akan membuat konten siaran pers, mengkoordinasi konferensi pers, menjawab pertanyaan dari media, hingga membuat konten di blog dan post media sosial.

Ketahui Keunggulan Jurusan Multimedia

Prospek kerja jurusan multimedia lulusan SMK yang bisa menjadi bahan pertimbangan sesuai dengan keahlian Anda. Karena memiliki beberapa keunggulan yang membuat jurusan ini menjadi sebuah pilihan yang menarik. Berikut ketahui beberapa keunggulan dari jurusan multimedia:

  1. Relevansi dengan perkembangan era digital
  2. Mencerminkan kreativitas dalam mengekspresikan diri
  3. Beragam propek karier
  4. Kemampuan dalam beradaptasi
  5. Kemampuan berkolaborasi dalam menciptakan suatu karya
  6. Industri yang menjanjikan
  7. Memiliki pengaruh lebih luas

Selain memiliki beragam prospek, saat Anda sudah menguasai bidang multimedia bisa dikembangkan juga menjadi sebuah usaha. Bisa menjadi pengusaha untuk membuka studio desain, produksi video atau konten, dan juga agensi pemasaran digital sebagai prospek kerja jurusan multimedia.