July 20, 2024
Olahraga Terjun Payung Ekstrem yang Dapat Dilakukan

Olahraga terjun payung adalah salah satu olahraga udara ekstrem yang dapat dilakukan. Pada jenis olahraga ini seseorang akan melompat dari ketinggian tertentu dengan menggunakan parasut dan berbagai perlengkapan keamanan lainnya.

Untuk menghindari kemungkinan risiko buruk, maka sebelum melakukannya harus lebih dulu mendapatkan pelatihan khusus. Selain itu, sebelum melakukan olahraga udara ini juga harus memperhatikan beberapa hal sesuai standar keamanan yang berlaku.

Mengenal Seputar Olahraga Terjun Payung

Menjadi salah satu olahraga ekstrem, olahraga terjun payung memiliki beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukannya. Berikut informasinya!

Terjun payung merupakan jenis olahraga ekstrem tertua. Olahraga ini dilakukan dengan cara atlet lepas landas dari suatu ketinggian tertentu dengan menggunakan parasut. Parasutnya ini nantinya akan disimpan di punggung dan ketika mulai terjun bebas akan mengembang.

Melakukan jenis olahraga ekstrem ini tentu harus dilandasi dasar keberanian yang tinggi. Hal ini dikarenakan olahraga terjun payung akan memicu adrenalin, sehingga tidak semua orang bisa melakukannya.

Di sisi lain, terdapat beberapa hal penting serta aturan yang mendasari seseorang sebelum terjun payung. Salah satu hal penting dan harus diperhatikan ketika seseorang ingin terjun payung secara mandiri yaitu harus memiliki lisensi.

Hal Penting Sebelum Melakukan Terjun Payung

Melakukan olahraga terjun payung tidak boleh sembarang dilakukan. Sebab perlu adanya aturan dan hal-hal penting yang diperhatikan. Apalagi olahraganya ini termasuk ke dalam jenis olahraga ekstrem.

Karena sifatnya ekstrem, maka ada beberapa aturan yang penting untuk diperhatikan sebelum melakukannya. Adapun hal-hal yang harus dilakukan sebelum Anda melakukan terjun payung, yakni:

1. Harus Punya Lisensi

Hal penting dan harus diperhatikan ketika ingin melakukan terjun payung yaitu harus memiliki lisensi. Mengingat skydiving merupakan olahraga ekstrem, tentu tidak sembarangan orang dapat melakukannya.

Sehingga yang boleh melakukan olahraga ini yaitu orang-orang tertentu yang sudah memiliki lisensi. Namun, untuk mendapatkan lisensi ini juga membutuhkan waktu dan proses yang tidak mudah.

Jadi, agar bisa mendapatkan lisensi, Anda harus terlebih dulu mengikuti pelatihan hingga hasil akhirnya dinyatakan layak untuk melakukan olahraga udara ini secara mandiri.

2. Harus Fokus dan Konsentrasi Penuh

Jika Anda adalah orang yang sudah memiliki lisensi untuk melakukan olahraga terjun payung, maka ketika melakukannya harus benar-benar fokus dan berkonsentrasi secara penuh. Termasuk kegiatan yang cukup menguji adrenalin, skydiving memerlukan tingkat kefokusan dan konsentrasi yang tinggi.

Jadi pastikan agar konsentrasi Anda terjaga dengan cara memenuhi kebutuhan tidur sebelum melakukan aktivitas ini. Ketika kebutuhan tidur sudah terpenuhi, maka otomatis juga akan meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda ketika mulai menjatuhkan diri dari ketinggian tertentu.

3. Pastikan Parasut Tidak Memiliki Kecacatan

Sebelum melakukan olahraga terjun payung, hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah dengan mengecek dan memastikan bahwa parasut dalam kondisi baik dan tidak ada cacat sedikitpun.

Pengecekan terhadap kondisi parasut yang akan dipakai untuk skydiving ini bertujuan untuk menjaga keamanan secara optimal. Terkait hal ini, biasanya para atlet akan menyiapkan dua parasut sekaligus ketika ingin melakukan kegiatan ekstrem ini.

4. Pastikan dalam Kondisi Sehat

Ketika melakukan olahraga terjun payung Anda harus berada dalam kondisi kesehatan yang baik. Pastikan Anda mengisi perut sebelum berolahraga jenis ini, namun jangan sampai terlalu kenyang. Tujuannya yaitu agar tidak merasa pusing saat skydiving karena badan sudah terisi energi.

Selain itu, pastikan Anda juga menghindari alkohol sebelum melakukan terjun bebas dengan parasut tersebut. Sebab ketika Anda mengkonsumsi alkohol, maka saraf tidak bisa tenang dan malah akan menyebabkan munculnya sakit kepala atau pusing.

5. Pilih Pakaian yang Tepat

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai olahraga terjun payung adalah pemilihan pakaian. Dalam hal ini, Anda dapat memilih pakaian jenis sporty dengan ukuran menyesuaikan bentuk tubuh.

Hindari menggunakan pakaian longgar, sebab akan sangat mengganggu saat Anda mulai terjun bebas. Menggunakan pakaian longgar tidak disarankan karena pakaian akan melambai-lambai dan bisa juga koyak karena angin.

6. Tenangkan Diri Sebelum Terjun

Grogi merupakan hal yang lumrah dan wajar terjadi ketika ingin melakukan sesuatu, apalagi melakukan olahraga ekstrem. Namun, pastikan Anda sudah dalam keadaan tenang sebelum benar-benar terjun bebas ke udara.

Sebelum memulainya, Anda bisa menarik napas dalam-dalam dan stabilkan detak jantung. Jika dirasa sudah tenang dan detak jantung stabil, maka barulah Anda bisa menjatuhkan diri dari ketinggian dan nikmati pengalaman yang seru dan ekstrem ini.

7. Posisikan Tubuh dengan Tepat

Seorang atlet yang melakukan olahraga ini tentu sudah mahir dalam memposisikan tubuh yang benar ketika menjatuhkan diri dan mendarat. Ketika mulai terjun bebas, pastikan tubuh berada di posisi horizontal.

Tujuan dari posisi tubuh horizontal ini adalah untuk mempertahankan kecepatan ketika atlet mulai turun. Namun ketika hendak mendarat, atlet olahraga terjun payung akan mengangkat kakinya untuk menghindari kemungkinan cedera.