July 20, 2024

Sejarah Genghis Khan dimulai dari 1162-1227 di mana awalnya adalah orang sederhana. Tapi punya mimpi mendirikan kerajaan terbesar dalam sejarah dunia. Setelah penyatuan suku-suku di Mongolia, memulai penaklukan diseluruh dunia.

Beberapa wilayah yang dikuasai antara lain China, Asia Tengah, Vietnam, Korea, Suriah hingga Polandia. Dalam masa terbaiknya punya daerah kekuasaan 11-12 juga mil persegi. Artinya menguasai wilayah Asia hingga Eropa.

Sejarah Genghis Khan Hingga Sukses Menyatukan Mongolia

Khan lahir pada 1162 di perbatasan Mongolia dan Siberia. Saat baru lahir diberi nama Temujin dengan makna besi atau tukang besi. Nama Genghis Khan diberikan pada 1206 sebagai gelar kehormatan. Gelar tersebut dapat sejarah Genghis Khan diberikan karena sukses menjadi pemimpin Mongol.

Terutama setelah pertemuan suku kurultai dilakukan. Genghis sendiri bermakna penguasa tertinggi sedangkan Khan diartikan penguasa. Sebelum lahir hidupnya keras karena ibunya diculik dan dipaksa menikah dengan ayahnya. Saat 9 tahun, ayahnya tewas di racun musuh. Khan meninggalkan ibu dan saudaranya agar tidak perlu memberi makan.

Setelah itu sempat ditangkap hingga diperbudak suatu klan walau sukses meloloskan diri. Pada tahun 1178 kemudian menikmati Borte dan mulai membuat sebuah aliansi. Reputasinya terbangun sebagai prajurit dengan banyak pengikut.

Keberhasilan Khan Dalam Menjadi Pemimpin Mongol

Kesuksesannya mendapatkan menjadi pemimpin Mongol membuatnya punya banyak ide dan gagasan. Tapi cukup kontroversial karena melawan adat. Misalnya mencari orang kompeten untuk mengisi posisi kunci dalam kekaisaran. Sejarah Genghis Khan banyak mengeksekusi pimpinan suku musuh lalu memasukkan anggota ke klannya.

Kemudian memerintahkan penjarahan dilakukan setelah kemenangan diraih. Prajurit dibuat 10 unit tanpa memperhatikan keluarga. Walaupun menjadi penganut animisme, tapi pengikutnya berasal dari agama seperti Kristen, Budha bahkan Muslim. Lalu pada 1205 sukses mengalahkan semua musuh.

Termasuk mantan sahabat bernama Jamuka dengan kemenangan mutlak. Berlanjut pada 1206 mengadakan pertemuan perwakilan wilayah. Kemudian mengajukan pendirian negara yang memiliki ukuran sama dengan Mongolia. Karena keputusan ini namanya diproklamirkan sebagai Chinggis Khan (Penguasa Universal).

Genghis Mampu Menguasi Sebagian Wilayah Eropa dan Asia

Awal sejarah Genghis Khan yang menjadikannya sebagai pemimpin terhebat adalah setelah penyatuan suku stepa. Kemudian menjadi pimpinan 1 juta orang lebih masyarakat. Lalu membuat berbagai aturan yang bijak. Misalnya saja dengan menghapuskan gelar aristokrat yang sebelumnya menjadi sebab tradisional peperangan suku. Ada juga pelarangan penculikan wanita hingga perbudakan.

Adapun hukuman mati untuk pencuri ternak di Mongolia. Aturan lain yang dibuat yakni mulai mengadopsi sistem penulisan hingga sensus rutin. Termasuk memberi kekebalan diplomatik untuk duta besar negara asing. Bahkan memberi izin kebebasan beragama yang membuatnya banyak dicintai. Khan melakukan kampanye pertamanya di luar Mongolia saat menghadapi kerajaan Xia Xia.

Tepatnya di Cina Barat Laut dan terdapat banyak sekarang. Pasukan Mongol melakukan serangan pada 1209 dengan skala besar. Sejarah Genghis Khan berlanjut pada kemenangan diseluruh China berawal di Zhongdu (Beijing). Kemudian pada 1219 berperang dengan Kekaisaran Khwarezm. Kekaisaran tersebut ada di Turkmenistan, Afghanistan, Iran dan Uzbekistan. Kaisar awalnya setelah setuju membuat perjanjian perdagangan,tapi kemudian dirampok.

Lalu kaisar membunuh banyak duta besar Mongol. Lalu pasukan Mongol menyerang Khwarezm dengan membunuh tentara dan bangsawan setempat. Selain itu orang biasa sering dijadikan sebagai perisai manusia dalam peperangan. Besarnya jumlah manusia yang dikorbankan membuat korban jiwanya sulit diperkirakan. Tentu menyebabkan citra jahat dan teror bagi orang Mongol.

Akhir Hayat Genghis dan Kekaisaran Penerusnya

Tahun 1225 menjadi penggerak sejarah Genghis Khan karena kembali ke Mongolia. Kemudian mengendalikan wilayah Laut Jepang hingga Laut Kaspia. Lalu mengalihkan perhatiannya pada kerajaan Xi Xia setelah sempat beristirahat. Perhatian tersebut besar karena menolak memiliki kontribusi pasukan saat melakukan invasi Khwarezm. Lalu pada tahun 1227, Khan menaiki kuda tapi terlemparkan ke tanah. Setelah penyembuhan cukup lama ternyata tidak pulih.

Inilah yang menjadi penyebab kematiannya pada 18 Agustus 1227. Setelah itu kerajaan Xi Xia dihancurkan tepat setelah meninggalnya Khan. Tapi penyebab kematian sebenarnya masih menjadi misteri bagi dunia. Banyak sumber mengatakan penyebab kematiannya yakni karena malaria sampai luka parah pada lutut. Ternyata dirahasiakan alasan kematian hingga kuburannya. Hal ini wajar mengingat kemampuannya menaklukan hampir seluruh dunia.

Dalam sejarah Genghis Khan, luas wilayahnya dua kali lebih banyak dari penakluk lain. Saat pemakaman, pasukannya membunuh setiap orang di jalan. Karena dilakukan secara rahasia, tidak ditemukan makamnya hingga sekarang. Setelah meninggal, penerusnya seperti Ogedei dan Khubilai melanjutkan kekaisaran. Faktanya mengikuti jejak keluarga karena menjadi penakluk dengan luas wilayah besar. Bahkan mengambil alih kendali Tiongkok, Eropa Timur hingga Timur Tengah.

Bangsa Mongol juga melakukan penaklukan atau invasi ke Jepang dan Jawa. Hal ini sukses dilakukan sebelum perpecahan kekaisaran pada abad ke-14. Keturunan terakhir Khan yang menjadi kaisar digulingkan pada 1920. Berdasarkan sejarahnya, terbukti menjadi salah satu penguasa terbesar dari seluruh dunia. Bahkan sukses mengalahkan Britania Raya dari segi wilayah yang dikuasai. Wajar jika sejarah Genghis Khan menjadi dinasti paling dihormati.